Sabtu, 23 Oktober 2010

Fenomena Matahari Dikelilingi Pelangi


fenomena pelangi yang mengelilingi matahari yang biasa disebut dengan halo matahari...




Fenomena halo matahari tersebut terjadi di siang bolong yang terik, dengan lingkaran pelangi yang mengelilingi matahari. PrakirawanBadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung, Susi Yani, mengatakan, fenomena halo matahari ini merupakan fenomena optik yang langka karena jarang terjadi dan tidak bisa diprediksi.

Namun, halo merupakan fenomena biasa yang bisa terjadi di seluruh muka bumi,” katanya."Halo tidak akan berdampak kepada manusia terkait dengan cuaca,” katanya. Menurut Susi, fenomena halo matahari, selain terjadi dalam bentuk lingkaran penuh dengan bagian pinggir berbingkai warna pelangi, juga bisa terjadi dalam lingkaran separuh dengan pusat pada cahaya matahari.


Ketika matahari tegak lurus di atas kepala, rangkaian warna me-ji-ku-hi-bi-ni-u terlihat sangat indah. Juga menurut Kepala Staf Penelitian Bosscha, Evans (32), kristal atau uap air di awan terkena sinar matahari. Pembiasan warna pun terjadi menyerupai pelangi


Dijelaskan Evans, pembiasan seperti itu dinamakan pula refraksi. Ia menekankan kejadian alam tersebut sama sekali tak ada kaitannya dengan bencana atau hal-hal lain. Kemunculan halo hanyalah fenomena biasa dan memang sering terjadi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar